07 Mei 2009

Pengaruh Televisi Terhadap Perilaku anak

Di zaman yang serba canggih ini kita dapat dengan mudahnya mendapatkan informasi dari manapun dari seluruh belahan dunia semua disajikan baik melalui media cetak, maupun elektronik, memang hal ini banyak membawa kebaikan buat kita namun dibalik itu semua ada sesuatu yang mesti kita benar-benar jadikan perhatian agar dapat meminimalisir dampak-dampak negatif dari kecanggihan tekhnologi tersebut, terutama untuk anak-anak kita, contoh kecil adalah televisi karena ternyata televisi dapat mengganggu pembentukan kemampuan anak-anak dalam memusatkan perhatian, bahkan dapat mengubah pola pikir dan perilaku anak itu sendiri.
Studi tim dari Universitas Massachusetts, amherst, Amerika Serikat menemukan bahwa ada anak-anak berusia 3 tahun kebawah bermain didalam ruangan yang ada televisi, waktu bermain mereka 5% lebih singkat dibanding jika tidak ada televisi. Hal ini juga membuat mereka tidak fokus saat bermain. Studi yang dimuat dalam Child Development edisi Juli s/d Agustus ini melibatkan 50 balita berusia antara 12, 24, 36 bulan.
Dr Daniel Bronfin dari Ochsner Health System, New Orleans, mengungkapkan televisi menaikkan resiko terjadinya gangguan perilaku pada anak-anak, seperti sulit berkonsentrasi dan hiperaktivitas. Sedangkan American Academy of pediatrics (AAP) menyarankan agar anak-anak berusia 2 tahun atau kurang tidak diberi akses menonton televisi, atau jika memang terpaksa harus menonton maka harus ditemani oleh orang tua atau saudara yang sudah dewasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar